Minggu, 05 Juni 2011

Process and Threads

Proses
proses atau task adalah sebuah entitas dinamis. secara fisik proses itu miliki kumpulan instruksi - instruksi, data, program, counter, beberapa nilai register pemrosesan, serta stack yang berisi data yang bersifat sementara yang kemudian akan dilanjutkan pada tahap pemrosesan lain. Definsi proses secara singkat adalah program yang akan diekskusi atau sedang berlangsung.
Ada tiga istilah penting yang berhubungan dengan proses yaitu :
• Multiprogramming ( Multitasking ) adalah manajemen yang mengatur banyak proses dalam satu pemrosesan.
Bersifat :
o Saling tidak bergantungan
o Satu program dapat berjalan sesuai dengan keinginan pemakai, karena hanya satu proses yang dilayani pemrosesan.
• Multiprocessing adalah manajemen yang menjalankan dan mengatur banyak proses di komputer multiprocessor (banyak pemrosesan di dalamnya ).
• Distributed processing / computing adalah manajemen banyak proses yang diekskusi di banyak sistem komputer yang tersebar disatu jaringan.
Thread
Menurut definisi adalah unit dasar dari utilisasi CPU. Sedangkan menurut pengertian proses ringan (lightweight) atau menjalankan proses kecil yang telah dibagi menurut pembagian kerja dalam sistem. Agar suatu program dapat berjalan berdampingan dengan lain proses lain maka dibutuhkan thread yang cukup atau lebih agar dapat mengimbangi jalannya program diatas sistem operasi.
Gambar 1 : a. Kumpulan proses terdiri dari satu thread dan membentuk Kernel Thread, b. satu proses memiliki tiga

Gambar 2 Kumpulan Tumpukan Thread membentuk Kernel Thread

Reference :

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Thread_(computing)

Mengenal Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah sekumpulan program aplikasi yang mengatur jalannya operasi – operasi kecil ataupun besar yang diperintahkan oleh pemakai melalui sistem dan kemudian dilaksanakan oleh perangkat keras baik dari segi penyimpanan data ataupun pengeksekusian data.
Sistem Operasi itu
 OS sebagai Extended Machine
 Menyembunyikan detail suatu pekerjaan
 Menyediakan mesin virtual (extended machine)
 OS sebagai Resouce Manager
 Menangani sistem yang kompleks
 Memberikan pengendalian dan alokasi terhadap CPU, memori, dan perangkat I/O
 Menjaga dan mengatur resources
 Multiplexing (sharing) : ruang dan waktu
Fungsi dan Tujuan Sistem Operasi :
• Sistem operasi dibuat untuk mempermudah seorang pengguna komputer dalam mengolah data dan memecahkan suatu masalah komputasi.
•Dapat melakukan tugas seperti manusia.
•Dapat mempercepat kinerja manusia dalam menyelesaikan sebuah masalah yang berhubungan dengan perhitungan yang rumit.
•Pemakai dapat mengerjakan tugas dengan menggunakan program aplikasi yang berbeda.
•Sistem operasi menyediakan layanan yang hampir dapat membantu manusia.
Dalam menjalankan sebuah sistem operasi dibutuhkan sebuah sumber daya sistem komputer.
Sumber daya sistem komputer adalah kumpulan komponen komputer yang memdukung kinerja sistem operasi dapat berjalan lancar. Sumber daya terbagi menjadi dua macam yaitu :
Sumber daya fisik misalnya :
•Perangkat masukan : keyboard, bar-code reader.
•Perangkat penyimpanan sekunder : hard disk,tape drive,DVD drive.optical disk dan lain-lain.
•Perangkat memori : RAM, chace memory, register dan sebagainya.
•Perangkat grafis : digitizer, scanner dan sebagainya.
•Dan lain- lain.
Sumber daya data abstrak :
•Data
oPCB ( process control block ) untuk mencatat dan mengendalikan proses.
oSemaphore untuk mengendalikan sinkronisasi proses – proses.
oFile untuk menyimpan data atau program.

•Program adalah berupa kumpulan instruksi yang dapat menjalankan pemprosesan dan jenis proses itu sendiri adalah :
oUtilitas atau sebuah aplikasi yang dapat melakukan proses komputasi data.
Sejarah Sistem Operasi
•Generasi 1 (1945 – 55) → Tabung Vakum dan Papan Steker
oBahasa pemrograman belum diketahui
oMemakai papan steker
•Generasi 2 (1955 – 65) → Transistor & Sistem Batch
oMemakai punched card
oPemisahan builder, designer, programmer, operator, & teknisi
oDikenal bahasa FORTRAN dan assembler
oSistem batch → bidang sains & kalkulasi teknik
•Generasi 3 (1965 – 80) → IC & Multiprogramming
oOrientasi berbasis kata & karakter
oMultiprogramming
oSpooling
oLinus Torvalds membuat Linux
•Generasi 4 (1980 – present) → PC
oDOS.
oGUI.
oMuncul Macintosh & Windows.
oSistem operasi multikomputer ditemukan.
System Calls
 Antarmuka program user dengan OS
 UNIX
 Mendeteksi file, memberi tahu lokasi tujuan, memberi tahu berapa bytes yang akan dibaca
 System calls untuk manajemen proses
 Memori dibagi menjadi 3 (teks, data, & stack)
 System calls untuk manajemen file
 Memanggil file descriptor (trap)
 Memberi tahu apakah posisi file di awal, tengah, atau akhir
 Melacak mode file (regular, spesial, direktori, dll), waktu, ukuran, dll
 System calls untuk manajemen direktori
 Tiap file memiliki i-nodes
 Link membuat direktori baru berdasarkan i-number
Struktur OS
 Monolitik yaitu (1) tidak ada penyembunyian informasi, (2) Menjadi dasar struktur utama OS, yaitu:
 Program utama memanggil prosedur layanan
 Kumpulan prosedur layanan memanggil system calls
 Utility mengambil data dari program
 Layer :
o Layer 0 : Penempatan proses dan menjalankan bermacam - macam program.
o Layer 1 : Memori dan mengatur jalannya proses dan memori.
o Layer 2 : Kumpulan operator proses komunikasi antar layer.
o Layer 3 : Mengatur Masuk dan Keluarnya data.
o Layer 4 : Menggunakan program.
o Layer 5 : Operator memberikan perintah kepada sistem operasi.
 Model Client - Server
o Mengimplementasikan banyak OS pada proses user
o Memisahkan OS menjadi layanan file, proses, terminal, & memori
o Tak punya akses langsung ke hardware
o Pembagian mekanisme & policy.

Referensi :

  • Hariyanto. Bambang, Sistem Operasi edisi ke-tiga, 2007 ,Bandung : Informatika.
  • [Tanenbaum1997] Andrew S Tanenbaum dan Albert S Woodhull. 1997 . Operating Systems Design and Implementation . Second Edition. Prentice-Hall.
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Operating_system